Boyolali – Menjelang arus mudik Lebaran 2025, Polres Boyolali terus meningkatkan kesiapan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah dengan mengintensifkan sosialisasi layanan Call Center 110 dan Chatbot Siboba Polres Boyolali, guna memastikan masyarakat dapat mengakses informasi dan melaporkan kejadian dengan lebih cepat dan mudah.
Kapolres Boyolali, AKBP Rosyid Hartanto, saat dikonfirmasi menuturkan, bahwa inovasi layanan ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.
“Dalam menghadapi arus mudik Lebaran, kami ingin memastikan bahwa masyarakat Boyolali mendapatkan akses layanan kepolisian yang cepat, transparan, dan responsif. Melalui Call Center 110 dan Chatbot Siboba di nomor +6282326948383, masyarakat dapat melaporkan kejadian darurat, mengajukan pertanyaan seputar keamanan mudik, hingga mendapatkan informasi mengenai pos pelayanan dan pos pengamanan yang disiapkan oleh Polres Boyolali,” ujar AKBP Rosyid Hartanto.
Dalam sosialisasi ini, jajaran Polres Boyolali memasang banner informasi di berbagai titik strategis seperti terminal, rest area, jalur utama mudik, pusat keramaian, perkantoran, serta fasilitas umum lainnya. Selain itu, personel kepolisian juga turun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi terkait pemanfaatan layanan ini.
“Kami mengimbau masyarakat agar menggunakan layanan ini dengan bijak. Call Center 110 diperuntukkan bagi keadaan darurat, sementara Chatbot Siboba bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi layanan kepolisian, termasuk seputar pengamanan mudik. Dengan layanan ini, masyarakat tidak perlu bingung atau panik jika menghadapi situasi darurat selama perjalanan,” tambah Kapolres.
Masyarakat Boyolali menyambut baik inisiatif ini. Salah satu pemudik, Andi (38), yang tengah bersiap pulang kampung, mengungkapkan apresiasinya terhadap layanan kepolisian yang semakin modern dan mudah diakses.
“Adanya Call Center 110 dan Chatbot ini sangat membantu, terutama bagi pemudik seperti saya yang ingin tahu kondisi lalu lintas atau butuh bantuan kepolisian. Semoga layanan ini terus dikembangkan untuk kenyamanan bersama,” kata Andi.
Polres Boyolali memastikan bahwa selama arus mudik dan balik Lebaran 2025, layanan Call Center 110 dan Chatbot Siboba akan beroperasi penuh untuk mendukung program Mudik Aman, Keluarga Nyaman serta mewujudkan semangat Polri untuk Masyarakat. Dengan kehadiran layanan ini, diharapkan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama perjalanan mudik semakin terjamin.